analisis jurnal 6


Analisis jurnal :
Communication failures in the operating room: an observational classification of recurrent types and effects by L Lingard, S Espin, S Whyte, G Regehr, G R Baker, R Reznick, J Bohnen, B Orser, D Doran, E Grober.

1.      Tema : kesalahpahaman dalam mendiskusikan sesuatu dalam sebuat forum seringkali terjadi sebab banyak orang yang terkadang tidak memahami makna dan tujuan yang diinginkan bersama dalam suatu forum. Hal ini menjadi fenomena yang sedikit menjadi penghalang bagi terwujudnya sebuah diskusi yang benar-benar menghasilkan hasil kepentingan bersama
2.      Latar belakang : banyak tipe orang dan berbagai macam masalah yang muncul disekitar kita menyebabkan kita seringkali menyalahkan berbagai belah pihak yang berada dalam satu forum. Sehingga apa yang seharusnya menjadi tujuan saat mendiskusikan sesuatu maslah justru menjadi masalah baru bagi forum.
3.      Kerangka penelitian : penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode wawancara dengan sekelompok tim kesehatan serta hasil dari observasi dari penulis terhadap tim kesehatan dalam sebuah universitas maupun yang terdapat di rumah sakit. Yang menjadi kerangka berpikir dalam tulisan ini yakitu bagaimana Profesi yang berbeda yang bekerja di Tim Kesehatan akan memiliki berbagai keterampilan, keahlian pengetahuan, dan pengalaman. Terapi kolaboratif yang dilakukan oleh tenaga medis menyatakan bahwa tidak ada penyedia tunggal atau disiplin yang mampu memenuhi semua kebutuhan dalam terapi kesehatan pada satu individu. Dengan adanya kesempatan untuk mengembangkan program-program yang semakin kompleks dalam Tim Kesehatan, maka keterampilan dan ilmu yang dimiliki oleh tenaga medis dari berbagai disiplin ilmu perlu dimanfaatkan dan diintegrasikan ke dalam suatu satuan tim kesehatan.
4.      Teori : Kesepakatan Kerja Ontario Medical Association memberikan definisi berikut mengenai hubungan kolaboratif: " memerlukan tenaga medis menggunakan keterampilan yang lengkap untuk bekerja sama dalam memberikan perawatan kepada pasien berdasarkan prinsip saling percaya, menghormati, Sebuah hubungan kolaboratif dan memahami masing-masing keterampilan dan pengetahuan orang lain. Melibatkan pembagian peran dan tanggung jawab yang disepakati bersama yang mungkin berbeda sesuai dengan karakter profesi dan keahlian dari individu-individu. Hubungan harus bermanfaat bagi tenaga medis dan pasien.”
5.      Hipotesis :
Manfaat Kolaborasi
·         Untuk Pasien
a.       Meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan koordinasi pelayanan, terutama untuk masalah-masalah yang kompleks.
b.      Mengintegrasikan pelayanan kesehatan untuk berbagai macam masalah dan kebutuhan.
·         Untuk dosen dan mahasiswa
a.       Memupuk apresiasi dan Untuk Dosen dan Mahasiswa
b.      Menawarkan pemahaman tentang disiplin ilmu lainnya.
c.       Sebagai rancangan strategi untuk praktek masa depan.
d.      Meningkatkan partisipasi siswa.
·         Untuk Penyuluh Kesehatan
a.       Meningkatkan potensi untuk penyuluhan kesehatan yang lebih efisien.
b.      Memaksimalkan sumber daya dan fasilitas.
c.       Menurunkan beban pada fasilitas perawatan sebagai akibat dari peningkatan pencegahan penyakit.

0 comments:



Posting Komentar