rifabutin dan rimfetin


RIFABUTIN
Rifabutin (RFB) adalah antibiotik bakterisida obat terutama digunakan dalam pengobatan TBC . Obat tersebut merupakan turunan semi-sintetik dari rifamycin S. Efeknya dengan memblok DNA-dependent RNA polimerase bakteri. Sangat efektif terhadap Gram-positif dan beberapa gram negatif bakteri, tetapi juga terhadap sangat tahan mikobakteri, misalnya Mycobacterium tuberculosis , M. leprae and M. leprae dan M. avium intracellulare. avium intracellulare .



Sejarah
Para ilmuwan di perusahaan obat Achifar Italia menemukan rifabutin pada tahun 1975. Akhirnya Archifar menjadi bagian dari Farmitalia Carlo Erba, sebuah unit dari konglomerat Montedison. Perusahaan ini Adria Laboratories anak perusahaan mengajukan Food and Drug Administration (FDA) persetujuan rifabutin bawah Mycobutin nama merek di awal 1990-an dan obat yang diperoleh persetujuan FDA pada bulan Desember 1992. Rifabutin (RFB) merupakan obat antibiotik bakterisidal digunakan untuk mengobati tuberkulosis.
a.       farmakologi




b.      Farmakoekonomi
c.       Interaksi obat

Sebelum mengambil rifabutin pastikan dokter atau apoteker tahu:
  • Jika Anda hamil dan  menyusui.
  • Jika Anda memiliki masalah hati, termasuk sakit kuning (menguningnya kulit dan putih mata).
  • Jika Anda memiliki masalah ginjal.
  • Jika Anda memiliki porfiria (suatu kelainan darah).
  • Jika Anda mengnsumsi obat-obatan lain, termasuk obat-obatan resep herbal atau lainnya.
  • Jika Anda pernah memiliki reaksi alergi ini atau obat lainnya.
Bagaimana mengambil rifabutin
  • Sebelum memulai pengobatan, membaca leaflet informasi tercetak produsen.
  • Gunakan obat anda seperti yang diarahkan oleh dokter.
  • Jangan berhenti minum rifabutin tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu
  • Cobalah untuk mengambil rifabutin pada saat yang sama setiap hari untuk menghindari hilang setiap dosis.
  • Jika Anda lupa untuk mengambil dosis, segera minum satu dosis seprti biasa. Setelah Anda ingat kecuali hampir waktu untuk dosis berikutnya.. Jangan mengambil dua dosis pada saat yang sama. Jika ragu-ragu segera tanyakan pada apoteker atau dokter.
Mendapatkan hasil maksimal dari perawatan Anda
  • Penting: rifabutin mengurangi efek kontrasepsi hormonal oral. Jika Anda mengambil 'pil', konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
  • Obat ini dapat membuat warna urine, air liur dan cairan tubuh lainnya oranye-merah. Ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak perlu khawatir.
  • Anda perlu melakukan tes urine dan darah secara rutin saat mengkonsumsi  rifabutin.
  • Jangan berhenti minum obat ini tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.
Dapatkah rifabutin menyebabkan masalah?
Seiring dengan efek manfaatnya semua obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda jika ada efek samping menjadi bermasalah.










RIFAPENTINE
Rifapentin (juga dikenal sebagai siklopentil rifampisin dan Priftin) adalah obat yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai pengobatan lini pertama untuk TB. Ini pertama kali disintesis pada tahun 1965 oleh perusahaan Italia yang mengembangkan rifampisin dan disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai pengobatan untuk TB paru pada 1998.. Rifapentin merupakan turunan long-acting dari rifampisin, dan karena itu mirip dengan struktur rifampisin. Manfaat utama dari rifapentin adalah bahwa ia menyederhanakan pengobatan TB; long-acting sifatnya berarti bahwa obat ini diambil hanya sekali atau dua kali seminggu oleh pasien Selain itu, studi klinis juga menunjukkan bahwa rifapentin berpotensi mempersingkat rejimen enam bulan pengobatan saat ini untuk TB laten.
Rifapentin /
Rifapentine (RPT) Rifapentin (RPT)




Dosis
 Dewasa
  • Initial intensive phase dose: 600 mg secara oral dua kali seminggu dengan sedikitnya 72 jam antara dosis selama 2 bulan
  • Continuation phase dose: Setelah fase intensif 2 bulan, 600 mg oral sekali seminggu selama minimal 4 bulan
Anak-anak
15 tahun atau lebih:
  • Dosis awal fase intensif: 600 mg secara oral dua kali seminggu dengan sedikitnya 72 jam antara dosis selama 2 bulan
  • Kelanjutan fase dosis: Setelah fase intensif 2 bulan, 600 mg oral sekali seminggu selama minimal 4 bulan
12 tahun - 15 tahun dengan berat kurang dari 45 kg:
  • Initial intensive phase dose: 450 mg orally two times a week with at least 72 hours between doses for 2 months. Dosis awal fase intensif: 450 mg secara oral dua kali seminggu dengan sedikitnya 72 jam antara dosis selama 2 bulan.
  • Continuation phase dose: 450 mg orally once a week for at least 4 months following the initial phase Kelanjutan fase dosis: 450 mg oral sekali seminggu selama minimal 4 bulan setelah fase awal
12 tahun-15 tahun dengan berat 45 kg atau lebih:
  • Dosis awal fase intensif: 600 mg secara oral dua kali seminggu dengan sedikitnya 72 jam antara dosis selama 2 bulan
  • Kelanjutan fase dosis: 600 mg oral sekali seminggu selama minimal 4 bulan setelah fase awal


Catatan tentang dosis
  • Agar memenuhi syarat untuk terapi rifapentin, pasien harus lebih dari 12 tahun; telah budaya-positif, TB paru noncavitary; terinfeksi dengan jenis TB yang rentan terhadap rifampisin, isoniazid, dan pirazinamid, dan HIV negatve. Hanya pasien HIV-negatif harus menerima rifapentin.
  • Selama fase intensif, rifapentin harus diberikan dalam kombinasi dengan obat pendamping sehari-hari (seperti etambutol, pirazinamid, dan streptomisin).
  • Fase kontinyu pengobatan dapat terdiri dari rifapentin dengan isoniazid atau obat anti-TB yang tepat.
  • Pasien dengan resistensi terhadap rifampisin tidak boleh diberikan rifapentin, karena melintasi resistansi antara obat ini.
Cara kerjanya
Rifapentin mirip dalam struktur terhadap rifampisin dan menggunakan mekanisme yang sama terhadap bakteri TB. Membunuh bakteri TB oleh RNA polimerase menghambat bakteri, yang merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk menyalin DNA menjadi RNA (RNA kemudian digunakan untuk membuat protein bakteri). Dengan mengganggu RNA polimerase bakteri saja, rifapentin menghilangkan bakteri TBC sementara meninggalkan manusia RNA polimerase tidak terpengaruh. Rifapentin memiliki panjang paruh dalam serum dan karena itu diberikan lebih jarang. Waktu paruhnya adalah 5 kali dari rifampisin.
Efek samping
Efek samping ringan termasuk perubahan warna oranye, atau coklat pada kulit, air mata, keringat, air liur, urin, atau alat, yang merupakan efek samping yang tidak berbahaya tapi berpotensi mengkhawatirkan jika pasien tidak diperingatkan, mual dan hilangnya nafsu makan, sakit perut; kulit ringan ruam atau gatal-gatal, sakit kepala, dan nyeri sendi. Efek samping yang kurang umum termasuk muntah, diare; darah dalam tinja, dan, dalam kasus yang jarang, masalah hati.



0 comments:



Posting Komentar