KONSEP PEMASARAN THE BODY SHOP

THE BODY SHOP




DISUSUN OLEH :
NAMA : HERTYN FRIANKA
NPM : 13210279
KELAS : 1EA12


MATA KULIAH : DASAR PEMASARAN
TAHUN AJARAN 2011/2011
UNIVERSITAS GUNADArma


KATA PENGANTAR
Pertama – tama kami panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini sebaik – baiknya.
Makalah ini kami susun dengan maksud dan tujuan untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah Analisis Bahan Baku Farmasi semester ganjil tahun ajaran 2010-2011 pada Jurusan manajemen di Universitas Gunadarma.
Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Herry selaku dosen mata kuliah pengantar bisnis yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas ini.
Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kesalahan dalam tugas ini baik dalam penyajian, uraian, susunan kalimat, serta tata bahasanya. Namun, saya berharap semoga apa yang kami kemukakan dapat bermanfaat bagi kita semua.


Depok, oktober 2010

Tim Penyusun








DAFTAR ISI

Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
Abstrak vi
Bab I Pendahuluan
I.1 Latar Belakang 1
I.2 Perumusan Masalah 1
I.3 Tujuan 1
I.4 Metode Penelitian 2
I.5 Sistematika Penulisan 2
Bab II Isi
2.1 the body shoP……………….…………3
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan 15
3.2 Saran 16
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Setiap wanita pasti ingin menjadi sosok yang cantik dan sedap dipandang oleh mata. Banyak hal dan cara yang dilakukan oleh para wanita guna mendapatkan hasil yang maksimal untuk mempercantik diri mereka. Tidak heran apabila dewasa ini, pusat-pusat kecantikan di seluruh ibu kota di negeri ini selalu ramai akan pengunjung wanita yang ingin memanjakan diri mereka.
Selain itu, berbagai macam corak kosmetik yang diluncurkan di pasaran semakin menggila karena melihat para konsumen yang kuantitasnya sangat banyak. Banyak di antara kosmetik tersebut yang sangat bagus dalam segi kualitasnya, namun tak sedikit juga yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita seharusnya bisa lebih selektif dalam menggunakan kosmetik yang kita pakai sehari-hari.
Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang prinsip dagang dan cara jitu dari the body shop yang mampu memikat jutaan wanita di dunia untuk senantiasa setia menggunakan produknya.








I.2 Perumusan Masalah
1. Apakah yang membuat the body shop sangat “in” di tengah-tengah para wanita?
2. siapakah para sasaran penjualan dari produk the body shop?
3. Apa yang mendasari terbentuknya the body shop?
I.3 Tujuan
1. Menjelaskan sasaran dan target penjualan produk the body shop.
2. menjelaskan ide awal pendirian the body shop.
3. menjelaskan prinsip dagang yang dilakukan oleh the body shop.
I.4 Metode Penelitian
Dalam penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode studi pustaka untuk mencari data dan fakta-fakta dari berbagai sumber. Adapun sumber yang digunakan penulis dalam penulisan makalah ini antara lain buku-buku, dan berbagai sumber dari internet.

I.5 Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari tiga bab, yaitu Bab I Pendahuluan yang berisi latar belakang, perumusan masalah, tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan; Bab II Isi yang berisi tentang the body shop secara keseluruhan; dan Bab III Penutup yang berisi kesimpulan dan saran.






bab ii
Isi



Apabila melihat poster promosi diatas, wanita mana yang tidak akan jatuh hati? Tentunya, siapa pun akan jatuh hati. Begitulah konsep yang ditawarkan oleh The body shop untuk menarik hati para konsumen, khusunya para remaja putrid, wanita muda, maupun wanita yang telah berumur untuk senantiasa menggunakan produknya. The body shop adalah salah satu produk kecantikan yang bermerek dagang internasional dan mempunyai konsep dagang yang unik. Untuk dibeberapa Negara besar seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, dan beberapa Negara besar lainnya di benua eropa, The body shop juga menyediakan layanan online untuk membeli produknya. The body shop didirikan pada tahun 2005, saat itu isu mengenai global warming mulai hangat dibicarakan di tengah-tengah keramaian dunia. Saat proses global warming.
Rasa peduli sekaligus kepintaran the body shop dalam melihat peluang bisnis yang ada pun hadir sebagai salah satu itu pula, banyak produk kecantikan yang di anggap ikut mengambil alih dalam mempercepat produk kecantikan yang berkerja sama dengan berbagai pihak cinta bumi guna mengurangi efek global warming, the body shop selalu mengusung tema cinta bumi dalam meroketkan produk barunya di pasaran. Hal ini memang dapat dipertanggungjawabkan karena memang the body shop pun bekerja sama dengan berbagai macam petani dari seluuruh belahan dunia untuk memformulasikan produknya, namun the body shop pun juga ikut membatu para petani tersebut untuk kembali menenam pohon yang telah mereka ambil untuk membuat produk kecantikan wanita tersebut. The body shop juga pandai melihat keinginan dari konsumen. Saat ini, para wanita di dunia lebih tertarik pada “back to nature”, disinilah the body shop pun dapat menawarkan produk yang dibuat dari bahan-bahan alami, seperti dari buah markisa, buah cherry, buah strawberry, buah jambu, dan lain-lain. Hal ini membuat para konsumen, terutama para wanita muda yang telah mempunyai penghasilan yang cukup, tidak berat untuk membeli produk the body shop yang memang terbilang mahal tersebut.
The body shop adalah produk yang dipasarkan di Negara-negara yang dikategorikan cukup maju dan para pelaku konsumen yang relative cukup konsumtif untuk menggunakan produk mereka. Seperti halnya di Indonesia, namun, the body shop hanya di jual di beberapa kota besar saja. Seperti di daerah jabodetabek. Sangat sulit untuk memperoleh produk ini apabila kita tinggal di kota yang masih relative kecil atau bahkan di dearah pedesaan. Karena memang produk ini ditujukan pada wanita yang tinggal di kota besar untuk menikmati produk kecantikan dari alam agar mereka tidak jenuh dan penat terhadap kehidupan mereka sehari-hari yang amat monoton.
Adapun produk-produk ini dikemas dalam berbagai wajah yang sangat cantik dan sangat menarik dipandang oleh mata. Warna-warna botol yang sangat menyiratkan tentang keindahan alam sangat ditonjolkan untuk memikat hati para pembeli. Selain itu, the body shop juga selalu memberikan apresiasi kepada pelanggan setianya yang ulang tahun dengan memberikan salah satu produknya secara Cuma-Cuma dan memberikan diskon sebesar 10% all items kepada yang bersangkutan.
Hal-hal sederhana namun berkesan inilah yang membuat the body shop terlihat agak special apabila kita bandingkan dengan produk internasional lain yang tersebar di seluruh dunia. Saat ini, the body shop telah menjadi impian bagi hampir rata-rata wanita metropolitan, mengapa hal ini dapat terjadi?
Tidak lain dan tidak bukan karena the body shop mampu melihat keinginan, daya beli, dan kemauan untuk membeli para konsumen yang merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh pasar. Selain itu, para pramuniagawati yang melayani para konsumen sangat ramah karena telah diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum menjadi pegawai tetap, membuat para konsumen betah untuk tinggal berlama-lama di toko the body shop. Mungkin, pada awalnya konsumen hanya berniat untuk melihat-melihat saja, namun karena kepiawaan para pramuniaga untuk mempromisikan produk mereka, para konsumen dapat membelokkan niat mereka untuk membeli produk tersebut.
Jadi, untuk para wanita pada khusunya, diharapkan untuk melihat secar luas berbagai macam perspektif produk-produk kecantikkan yang dijual di pasaran. Karena dengan selektif dan bijaksana dalam menggunakan atau mengonsumsi produk tersebut akan dapat membantu kita untuk menjadi wanita yang luar biasa. Salahsatu produk yang wajib diperhitungkan adalah the body shop, karena baik dari segi formulasi bahan maupun prinsip dagangnya yang sering menyisihkan sebagian hasil keuntungan mereka untuk kegiatan-kegiatan social dapat menjadi prioritas tersendiri.


















Bab iii
Kesimpulan dan saran
a. Kesimpulan
The body shop juga menyediakan layanan online untuk membeli produknya. The body shop didirikan pada tahun 2005, saat itu isu mengenai global warming mulai hangat dibicarakan di tengah-tengah keramaian dunia. Saat proses global warming.
The body shop adalah produk yang dipasarkan di Negara-negara yang dikategorikan cukup maju dan para pelaku konsumen yang relative cukup konsumtif untuk menggunakan produk mereka. Seperti halnya di Indonesia, namun, the body shop hanya di jual di beberapa kota besar saja. Seperti di daerah jabodetabek. Sangat sulit untuk memperoleh produk ini apabila kita tinggal di kota yang masih relative kecil atau bahkan di dearah pedesaan. Karena memang produk ini ditujukan pada wanita yang tinggal di kota besar untuk menikmati produk kecantikan dari alam agar mereka tidak jenuh dan penat terhadap kehidupan mereka sehari-hari yang amat monoton.

b. Saran
Banyak sekali kekurangan dalam makalah singkat ini, saya hanya berharap agar makalah ini dapat membantu para wanita untuk lebih selektif dan cerdas dalam menggunakan produk kecantikan.









Daftar pustaka
Dalam tulisan ini, saya mengerjakan semua sendiri, karena saya juga termasuk member dari the body shop. Sehingga saya tahu seluk beluk dari produk tersebut.

0 comments:



Posting Komentar