PRODUK YANG TIDAK LEKANG DI TELAN ZAMAN ( MOBIL DAN PERANANNYA )

PRODUK YANG TIDAK LEKANG DI TELAN ZAMAN
( MOBIL DAN PERANANNYA )
Saat ini mobil telah menjadi bagian hidup yang sangat berpengaruh dalam hidup manusia. Mobil sudah bagai rumah kedua bagi beberapa manusia yang mempunyai tingkat mobilitas yang sangat tinggi, karena, tanpa benda yang satu ini seseorang akan merasa hidupnya berada dalam masalah. Karena mereka berpikir jika mobil adalah sesuatu yang dianggap “must item” untuk menunjang semua kegiatan mereka
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir. Alat transportasi roda empat ini masih dipercaya sebagai salah satu kendaraan yang fungsional bagi sebagian orang. Fungsional dalam artian bisa digunakan secara beramai-ramai, dapat dimuati berbagai macam barang bawaan sekaligus bisa digunakan untuk menempuh jarak yang dirasa cukup jauh karena banyak pula kaum urban yang tinggal di luar kota Jakarta namun beraktivitas di tengah ibu kota.
Berikut ini adalah sebuah potret kehidupan yang menggambarkan pentingnya alat transportasi ini.
“Tiap hari kerja gue dan istri gue pasti bawa anak kita yang masih bayi plus baby sitter-nya untuk kita titipin di rumah mertua gue di daerah Kebayoran Baru. Habis itu, gue anter istri gue ke kantornya, baru deh gue menuju kantor gue sendiri. Pulangnya juga gitu, tinggal dibalik aja urutannya. Gitu deh rutinitas kita sehari-hari,” ulas Andre yang belum lama memiliki rumah di kawasan Bekasi dan bekerja di daerah Sudirman. “Itulah yang jadi salah satu alasan kenapa kita pilih mobil jenis MPV gini, selain nggak boros BBM, mobil ini juga spacious banget, apalagi buat keluarga kecil kaya kita gini, so far sih cukup ideal, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kita,” tambah Rini, sang istri.
Jika diperhatikan, tidak sedikit Andre-Rini lainnya di Jakarta ini. Sebuah potret keluarga muda dalam menjalani aktivitas kesehariannya yang penuh dinamika. Mobil masih dirasa sebagai kendaraan yang pas untuk menunjang aktivitas dan rutinitas itu tadi.
Untuk pilihan jenis mobil, umumnya tergantung dari tingkat kebutuhan masing-masing pribadi. Namun yang dirasa cukup favorit adalah mobil jenis small dan medium MPV, dengan alasan daya angkut dan konsumsi BBM yang cukup efisien, small sedan karena alasan yang sama, yaitu irit BBM. Untuk beberapa kondisi tertentu, SUV yang dipercaya dapat menaklukkan segala medan jalan di Jakarta yang kadang tidak terduga kondisinya (jalan berlubang dan banjir lokal yang bisa terjadi tiba-tiba) juga bisa dijadikan pilihan favorit. Mereknya sendiri cukup bervariatif, tergantung dari selera tiap pribadi.
Dari beberapa contoh diatas, meskipun banyak pengguna kendaraan yang cukup puas dengan kondisi kendaraan bawaan pabrik, namun tidak sedikit juga diantaranya yang kurang puas dengan tampilan standar dan memodifikasi tunggangannya. Untuk penunggang sepeda misalnya, modifikasi seperti penggantian ban, shock breaker, group set (gear, tuas rem, dll) dipercaya mampu menambah kenyamanan dalam mengendarainya. Bagi pengendara motor, dandanan ala retro, sporty dan gaya modifikasi lainnya juga dirasa mampu meningkatkan rasa percaya diri sekaligus sebagai cara untuk mengekspresikan pribadi sang pemilik. Pun demikian dengan pengguna kendaraan roda empat. Modifikasi ringan berupa penggantian velg dan ban, penambahan sarana audio visual dalam kendaraan diyakini dapat meredam stress di kala berkendara. Paling tidak apapun jenis kendaraan yang dipilih, selain untuk memudahkan aktivitas sehari-hari dan memenuhi kebutuhan akan alat transportasi bisa juga dijadikan suatu sarana untuk mengekspresikan diri. Dengan tidak melupakan faktor keamanan tentunya. Helm, sarung tangan, masker dan perlengkapan lain untuk pengendara sepeda maupun sepeda motor. Juga sabuk pengaman bagi pengendara mobil.
SEJARAH MOBIL
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di A.S.

1. Replika Benz motorwagen 1886


2. Mobil “velo” karl benz 1894



Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil pertama di AS diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amphibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua-stroke. Paten ini meberi dampak negatif daripada positif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil dimana semuanya berkompetisi untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat-ban.
Pada tahun 1930an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi-masal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di kota New York.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Perusahaan Motor Ford. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang. Ada tes standar kemananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.



SUMBER
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil
2. http://www.benih.net/lifestyle/gaya-hidup/your-everyday-wheels.html

0 comments:



Posting Komentar