perilaku konsumen dalam memilih kosmetik



PERILAKU KONSUMEN (WANITA) DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK
Wanita adalah makhluk yang identik dengan keindahan, wanita selalu ingin tampil cantik dalam berbagai keadaan dan selalu ingin menjadi pusat perhatian bagi sekelilingnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa wanita senang mempercantik diri dengan menggunakan berbagai macam kosmetik yang digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa merek dagang kosmetik yang dipasarkan di indonesia sangat menjamur. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kita sebagai konsumen harus lebih selektif dalam memilih kosmetik. Sebab, apabila kita kurang selektif, akan terjadi hal-hal buruk berupa efek samping yang tidak diharapkan. Antara lain, kulit menjadi lebih sensitif seperti berjerawat, berminyak, kering, kusam bahkan terjadi hal-hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.
Jadi, untuk mengurangi efek-efek samping yang tidak diinginkan tersebut, adakalanya kita harus lebih selektif dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan. Dalam ilmu kesehatan, biasanya untuk mengecek kesensitivitasan kulit terhadap kosmetik, bisa dilakukan dengan uji patch yaitu dengan cara menempelkan kosmetik di bagian tubuh dengan ketebalam kulit yang relatif tipis seperti dibelakang telinga selama 8 jam, apabila tidak terlihat adanya reaksi alergi berarti kita cocok terhadap kosmetik tersebut. Namun, terkadang hal ini tidak diketahui oleh konsumen khususnya para wanita. Mereka beranggapan bahwa semakin mahal kosmetik dapat menjamin bahwa kosmetik tersebut baik dan cocok untuk kulit mereka. Sebernya, harga yang mahal tidak pasti menjamin produk kosmetik tersebut aman dan cocok untuk kulit.
Saat ini, banyak konsumen yang tertipu dengan banyak kosmetik yang ada di pasaran. Hal ini dikarenakan banyak produsen yang menyalahgunakan kesempatan ini untuk memperoleh untung yang sebanyak-banyaknya namun bahan yang digunakan tidak aman. Tidak aman disini berarti banyak wanita yang cenderung tidak sabar untuk membuat wajah mereka terlihat canti, putih, dan bercahaya. Hal ini memicu beberpa produsen yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai macam zat berbahaya seperti hidroquinon, merkuri, dan lainnya untuk membuat kulit putih secara instan. Padahal, sesuatu yang bersifat instan kurang baik bagi kesehatan, sebab dalam jangka panjang penggunaan zat-zat berbahaya ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Apabila tingkat keparahan sudah terlalu akut, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan kanker kulit.
Oleh sebab itu, saya sebagai wanita, dalam memilih kosmetik yang akan digunakan selalu menganalisis dan mempertimbangkan kosmetik yang akan saya gunakan dengan menelaah beberapa hal dibawah ini antara lain :
a.       Keamanan, keamanan dari kosmetik merupakan hal wajib pertama yang harus disadari oleh konsumen. Untuk meyakinkan apakah kosmetik tersebut aman digunakan atau tidak, dapat dengan cara memerikasa izin pemasaran dari BPOM, melihat tanggal expired, melihat komposisi dari kosmetik, serta jika perlu kita membeli kosmetik di tempat-tempat yang memang terjamin keasliannya.
b.      Kenyamanan, kenyamanan dalam memakai kosmetik juga merupakan komponen yang harus diperhatikan. Banyak wanita yang tidak memperdulikan faktor kenyamanan yang penting ia terlihat cantik. Padahal, jika kita merasa tidak nyaman dalam menggunakan kosmetik maka dikhawatirkan kita akan terlihat “gelisah” dan “tidak cantik” bagi orang lain. Apabila kita merasa kosmetik tersebut terlalu berminya untuk wajah kita, maka tentu kita tidak akan duduk tenang dan kita akan merasa khawatir pada tata rias kita.
c.       Harga yang bersahabat. Harga menjadi pertimbangan yang cukup diperhatikan oleh para wanita. Kosmetik yang murah namun memiliki kualitas yang baik pasti akan lebih laku dipasaran dibandingkan kualitas yang sama bagus namun memiliki harga ekonomi yang cukup tinggi.
d.      Kemasan dan iklan, kemasan dan iklan juga menjadi komponen yang menjadi acuan bagi para wanita untuk memilih kosmetik, bisa dikatakan bahwa peran iklan sangat besar dalam memberikan pengaruh bagi produk tersebut untuk memiliki tempat tersendiri di hati konsumennya. Selain itu, kemasan yang juga mendukung akan menambah nilai tambah untuk penjualan produk tersebut.
Demikianlah hal-hal yang saya amati baik dari diri saya sendiri dan hasil dari tanya jawab dengan rekan-rekan saya, pada intinya, kemanan adalah point penting dalam pemilihan kosmetik. Dengan adanya keamanan yang baik, maka faktor yang lain pun akan mengikuti dengan sendirinya.